Teralis Besi Tempa Klasik

Sebuah bangunan atau rumah sudah seharusnya mempunyai jendela dan pintu. Fungsi jendela sebagai sirkulasi udara dan sebagai sumber pencahayaan adalah fungsi yang sangat penting.

Rumah tanpa jendela pastinya akan terasa pengab dan udara akan terasa panas.

Sebab tidak adanya pergantian atau sirkulasi udara dari luar ruangan.

Dengan adanya jendela juga bisa berpotensi adanya maling yang lewat dari jendela.

Hal yang perlu anda lakukan untuk antisipasi dan untuk keamanan penghuni adalah dengan memasang teralis besi.

Teralis Besi adalah kontruksi dari bahan besi yang dibentuk seperti pembatas / pagar pada umunya yang dipasang di pintu atau jendela demi meningkatkan keamanan.

Untuk daerah yang rawan tindak pencurian, perampokan dan kejahatan lainnya. Pemakaian teralis ini menjadi sangat penting.

Jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi akibat anda lalai dalam hal keamanan rumah.

Dengan memakai teralis anda berpergian juga lebih tenang, sebab ada rasa aman karena rumah sudah dipasang pengaman.

Dari segi desain banyak model teralis saat ini dari model teralis besi minimalis sampai teralis besi tempa klasik.

Untuk rumah minimalis tentu rekomendasinya memakai teralis minimalis dengan bentuk minimalis yang tidak banyak lekukkan.

Sedangkan untuk rumah klasik, memang ingin tampil dengan kesan klasik maka sebaiknya pakai teralis besi tempa klasik.

Teralis Besi Tempa Klasik

Teralis Besi Klasik (1)

Teralis besi tempa adalah penghalang yang materialnya menggunakan besi tempa khusus. Besi tempa merupakan sebuah besi yang mempunyai kadar rendah karbon.

Dengan kadar karbon yang rendah, besi tempa bisa lebih kuat, lebih kokoh, tahan karat dan mudah dibentuk.

Teralis ini bukan hanya sekadar membuat jendela lebih aman melainkan hadir dengan desain yang elegan.

Pastinya memasang teralis tersebut akan membuat rumah bukan hanya aman melainkan tampak lebih keren.

Kamu bisa memilih desain teralis tersebut sesuai yang kamu butuhkan. Jadi memilih teralis besi bukan hanya untuk kebutuhan keamanan melainkan desain rumah.

Kelebihan Teralis Besi Tempa Klasik

Beberapa kelebihan dari teralis besi tempa antara lain:

  • Tampilannya mewah serta elegan sehingga mampu membuat desain interior rumah lebih menarik
  • Material besi tempa terbukti mampu memberikan keamanan
  • Bisa menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan daya jual rumah
  • Awet serta tahan lama
  • Mampu menambah rasa aman ketika kamu bepergian

Ukuran Teralis Besi Tempa

Teralis sudah tentu mempunyai ukurannya masing-masing. Bahkan bentuknya juga berbeda, ada yang berbentuk tebal dan biasanya sebagai tempa bunga. Lalu bagaimana dengan ukurannya?

Secara umum teralis tersebut memakai besi nako 15, nako 14, dengan terdapat pola garis pada nako 12 dan nako 10.

Model Teralis Besi Tempa

Beberapa rekomendasi bagi yang mencari model teralis terbaik untuk hunianmu yaitu:

Teralis Jendela Klasik

Desain pertama yang kami rekomendasikan yaitu teralis model klasik. Motifnya berupa besi tekuk yang didesain serta dibentuk sedemikian rupa sehingga membuat tampilannya sangat bagus. Bahan yang digunakan yaitu besi tebal serta kuat. Sudah tentu memasang teralis ini rumahmu akan terjamin keamanannya.

Teralis Besi Alferon

Untuk model yang satu ini memakai bahan ornamen besi alferon. Salah satu keunggulannya yaitu memiliki bentuk yang unik dan bagus. Jika kamu perhatikan bahkan bentuknya hampir sama seperti ukiran kayu.

Dari kejauhan mungkin orang lain akan mengira bahwa teralis yang kamu gunakan merupakan ukiran kayu. Namun setelah melihatnya secara dekat, mereka akan tahu bahwa teralis yang kamu gunakan adalah berbahan besi dengan motif yang sangat unik.

Model Teralis Besi Tempa Minimalis

Desain berikutnya cocok untuk kamu yang menerapkan rumah minimalis. Desain tersebut terkenal simpel dengan tidak menambahkan banyak ornamen. Kamu bisa memasang teralis ini untuk semakin menegaskan konsep minimalis yang kamu bawa.

Desainnya pun tidak terlalu bermotif dan bahkan terkesan sederhana. Selain itu, warna yang dipakai biasanya putih untuk semakin memberikan kesan minimalis.

Model Teralis Jendela Klasik Terbaru 2022

Berikut ini beberapa model model teralis jendela terbaru tahun 2022. Mulai dari model teralis jendela klasik dan juga teralis pintu minimalis.

Teralis Besi Klasik (1)
Teralis Jendela Besi Klasik (6)
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Harga Teralis Besi Tempa

Setelah mengetahui berbagai model dari teralis tersebut, kita masuk ke pembahasan tentang harganya. Kira-kira berapa biaya yang harus kamu siapkan?

Untuk harganya memang bervariasi. Namun secara umum, teralis ini memiliki harga sekitar Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 3.000.000 per meter. Harga tersebut menyesuaikan dengan spesifikasi yang kamu pilih baik desain, ukuran, dan lain-lain.

Sementara itu, bagi yang memilih menggunakan teralis minimalis maka harganya lebih terjangkau. Kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp 400.000 sampai Rp 600.000 per meter. Harga ini memang lebih terjangkau karena pembuatannya juga tidak sulit.

Sekian informasi tentang teralis besi tempa. Sekarang kamu bisa memilih model yang menurutmu paling tepat untuk menciptakan hunian yang aman dan elegan. Semoga bermanfaat.

Fungsi dan Manfaat Teralis Besi Tempa

Beberapa orang memiliki kecenderungan untuk menyukai satu atau beberapa elemen rumah yang dihuni. Salah satu elemen rumah yang menarik untuk dibahas adalah teralis jendela. Jika jendela menjadi elemen yang harus ada dalam pembangunan rumah, maka ini tidak berlaku untuk teralis. Setiap orang berhak untuk menggunakan teralis ataupun tidak pada jendela rumahnya. Nah, sebenarnya apa sih fungsi dan manfaat teralis jendela hingga beberapa orang bahkan menyiapkan secara detail desain teralis yang diinginkan?

1. Meningkatkan Keamanan

Selain pintu, jendela menjadi akses alternatif bagi pencuri atau penjahat untuk masuk ke dalam rumah. Hal ini karena memecah kaca jendela atau membuka engsel jendela bisa dilakukan dari luar. Untuk itulah, beberapa orang memilih memasang teralis untuk meningkatkan keamanan rumahnya. Jadi meski jendela kaca pecah, orang dari luar akan tetap kesulitan untuk membuka teralis.

Nah, berkaitan dengan faktor keamanan ini sebenarnya teralis pada jendela bisa dipasang di bagian luar ataupun dalam. Pada dasarnya akan lebih aman jika teralis jendela di pasang di dalam karena orang luar tidak memiliki akses secara langsung. Selain itu, pastikan juga peletakan dan pemasangan baut dari teralis sulit untuk dibuka dari luar untuk meminimalisir tindak kejahatan ini.

2. Mempercantik Desain Rumah atau Jendela

Fungsi dan manfaat teralis jendela yang pertama adalah untuk mempercantik desain. Anda bisa melihat contoh beberapa hunian yang memiliki teralis jendela. Jika Anda melihat teralis dengan desain yang berbeda-beda maka ini lebih ditujukan untuk mempercantik desain. Faktanya teralis jendela memiliki desain seperti horizontal rapat, jendela vertikal hingga jendela ukiran. Dari ketiga jenis teralis ini Anda bisa menyesuaikan teralis mana yang cocok dengan desain rumah atau jendela Anda.

Ada beberapa pihak yang menyediakan jasa pembuatan teralis jendela custom di mana Anda bisa menentukan desain teralis sesuai dengan keinginan. Ini menjadi pilihan yang sangat cocok untuk Anda yang ingin menggunakan teralis jendela karena faktor mempercantik desain.

3. Melindungi Privasi

Jendela menjadi salah satu elemen rumah yang sering dibiarkan terbuka saat siang hari. Hal ini dilakukan agar udara atau hawa di dalam rumah berganti. Tentunya kondisi jendela yang terbuka bisa saja membuat privasi Anda terganggu. Apalagi jika jendela Anda tirainya dibuka atau bahkan tidak dilengkapi tirai. Nah, keberadaan teralis jendela ini akan berfungsi sebagai elemen yang meminimalisir terganggunya privasi Anda saat jendela dibuka.

4. Media untuk Menyalurkan Kemampuan dalam Hal Mendesain

Beberapa pengrajin teralis memberi kesempan bagi calon konsumennya untuk mendesain sendiri model sampai motif pada teralis tersebut. Selain dapat memperoleh model teralis yang diingikan Anda pun mempunyai kesembatan untuk mengembangkan bakat dalam hal mendesain dan tentu saja lebih dapat Anda banggakan.

5. Memberikan Ruang yang Memungkin Terjadinya Pertukaran Udara dari Luar

Kerangka pembingkai jendala ini juga dapat membuat ruangan menjadi lebih segar dan nyaman dengan masuknya udara dari luar. Anda dapat membuka jendela dengan begitu udara yang segar dapat masuk melalui sela-sela teralis.

Kondisi ini juga dapat membuat Anda menghemat pengeluaran listrik pada penggunaan AC yang digunakan untuk mendinginkan ruangan ketika kondisinya sangat panas.

Demikianlah informasi mengenai fungsi teralis jendela minimalis yang bukan hanya dapat memberi keamanan tetapi juga untuk menunjang keindahan desain interior ruangan dan juga kesehatan para penghuninya.

Tips Memilih Teralis Jendela yang Aman dan Terbaik

Anda ingin memilih teralis jendela yang aman bagi rumah? Untuk urusan keamanan dan keindahan, penambahan teralis jendela bisa menjadi solusinya. Kekuatan teralis yang umumnya terbuat dari logam besi dan baja ini, jelas mampu menghalau pencuri jika dipasang dengan tepat. Selain itu, ragam model teralis juga memungkinkan jendela tampil lebih cantik dari biasanya.

Tidak usah bingung menentukan teralis yang tepat untuk jendela rumah anda. Berikut ini tips-tipsnya:

1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Untuk membuat rumah dengan desain yang terpadu, tentunya seluruh unsur rumah tersebut harus bisa saling melengkapi. Tak terkecuali dalam pemilihan teralis untuk jendela. Teralis mampu meningkatkan karakter jendela sehingga pesona yang dimiliki jendela bisa lebih tampak. Sebagai contoh, jika anda berniat membangun rumah klasik, maka teralis yang tepat adalah teralis yang berbentuk rumit dengan perpaduan warna cokelat tua dan emas.

2. Utamakan Aspek Keamanan

Fungsi utama teralis adalah untuk menutup jalur jendela sehingga tidak bisa disusupi oleh seseorang. Karena itu, aspek keamanan teralis jendela ini menjadi lebih penting daripada aspek keindahannya. Maksimal jarak antar jeruji teralis yang aman adalah 30 cm. Lebih dari itu, ruang yang tercipta di sela-sela besi dapat dimasuki orang, meskipun harus bersusah payah.

3. Hindari Teralis yang Tampak Seperti Jeruji Penjara

Dengan maksud ingin terlihat sederhana, anda memasang teralis yang tampak seperti jeruji penjara. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di atas, jendela terkesan kaku dan terkekang. Maka dari itu, hindarilah memasang teralis jendela dengan bentuk seperti ini. Masih banyak model lain yang jauh tampak menarik namun tetap terlihat sederhana.

4. Pasang Baut Secara Tersembunyi

Di pasaran, produk teralis ini dijual terpisah dengan kusen dan jendela. Biasanya, pemasangan teralis dilakukan dengan menempelkannya ke kusen jendela memakai bantuan baut. Di sinilah sisi kelemahannya teralis, yakni baut bisa dicongkel dari luar sehingga teralis bisa dilepas dengan mudah. Agar hal ini tidak menimpa interior rumah anda, usahakan model teralis yang dibeli memiliki desain yang unik dengan letak dan pemasangan baut yang tersembunyi. Bisa juga dengan meminta bantuan tukang untuk menanamkan besi-besi teralis tersebut pada kusen jendela.

5. Warna yang sesuai untuk teralis

Hal pertama yang penting dalam memilih teralis adalah mengenai warna yang digunakan. Pada zaman dahulu banyak yang suka dengan warna-warna klasik atau aman saja. Warna yang dimaksud perunggu kecokelatan, putih, perak, emas dan hitam atau yang mudah menyatu dengan perabot lainnya.

Berbeda dengan zaman sekarang karena teralis yang disediakan memiliki warna yang lebih beragam. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan kondisi kebutuhan dalam ruangannya. Saat ini juga sudah banyak rumah yang menggunakan warna yang mencolok sehingga teralisnya juga harus menyesuaikan.