Ukuran Standar Tinggi Railing Tangga Paling Aman dan Nyaman

Bagi pemilik rumah, kenyamanan dan juga model rumah merupakan dua hal yang sangat penting.. Namun selain kedua hal tersebut ada yang paling utama yaitu keamanan. Hal ini jelas sangat penting, karena sebuah rumah yang nyaman percuma, jika tidak memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Dengan kata lain, ada banyak hal yang menjadi salah satu perhatian. Khusus seperti railing tangga bagi para pemilik rumah yang memiliki dua lantai. 

Dalam artikel ini, akan kita bahas secara jelas mengenai ukuran standar tinggi railing tangga. Di sisi lain fungsi dan juga manfaatnya, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta selera masing-masing.

Selain itu apabila anda menggunakan ukuran standar railing tangga yang sesuai. Maka anda bisa menyamakannya dengan desain interior yang sudah dipilih. 

Pengertian Railing Tangga

Railing tangga merupakan salah satu bagian yang biasa digunakan untuk membatasi area bisa dikatakan railing merupakan pembatas atau pagar pembatas.

Umumnya railing ini biasa dipasang di balkon ataupun tangga. Sehingga lebih aman untuk digunakan dan membatasi area tersebut balkon ataupun pembatas lantai atas ini sangat penting.

Karena melihat fungsi mendasarnya, terutama bagi anda yang memiliki anak-anak ataupun anak remaja yang seringkali berlari dan menggunakan tangga untuk naik dan turun dari lantai 1 ke lantai 2.

Sayangnya masih banyak orang yang tidak memahami mengenai fungsi mendasar dari railing tangga. sehingga membelinya dengan cara sembarangan selain itu banyak orang yang mengutamakan model, dibandingkan standar keamanan yang seharusnya. langsung saja kita bahas beberapa fungsi railing tangga. sebelum kita melihat mengenai ukuran standar railing tangga tersebut.

Tips Memilih Railing Tangga

  1. Hal pertama yang bisa anda perhatikan untuk membeli railing rumah tangga yaitu memilih bahan yang tepat. Hal ini sangat berpengaruh, karena bahan yang bagus atau berkualitas dapat membuat railing tangga yang lebih berkualitas.
  2. Syarat memilih railing tangga selanjutnya yaitu dengan memperhatikan desain yang dimiliki. Apabila anda memiliki anak-anak ataupun balita maka anda harus mengamati desain yang digunakan karena seringkali desain tersebut memiliki lubang besar yang justru berbahaya. Jika sudah seperti ini maka tidak ada cara lain. Anda harus memilih desain lain yang lebih pas dan aman.
  3. Ketabalan bahan menjadi syarat selanjutnya dalam memilih railing tangga. Sehingga dengnan bahan yang tebal anda bisa mendapatkan railing yang kokoh dan aman. Membutuhkan pembatas yang kokoh agar ketika didorong atau dijadikan pegangan,  railing tidak goyah.

Ukuran Standar Tinggi Railing Tangga

Selanjutnya membahas mengenai ukuran mendasar yang bisa diacu sebagai standar tinggi railing tangga untuk dirumah anda. Ada beberapa ukuran yang harus anda perhatikan, diantaranya adalah :

1. Ukuran Standar Tinggi Railing Tangga

sumber : dwgmodels.com

Sebelum anda membeli railing tangga baik itu railing tangga besi tempa atau railing tangga minimalis. Hal yang perlu anda ketahui adalah tinggi standar railing tangga.

Setiap negara mempunyai standar tinggi railing yang berbeda, itu disebabkan oleh tinggi rata-rata setiap penduduk di negara juga berbeda.

Untuk ukuran standar tinggi railing tangga di Indonesia sendiri adalah 90 cm.

Sedangkan untuk negara dengan penduduk yang rata-rata tinggi seperti amerika dan eropa adalah 110 cm.

Selain itu tinggi tersebut harus disesuaikan dengan desain yang ada. Jangan sampai tinggi railing sudah sesuai namun desain memiliki lubang yang membahayakan anak-anak.

Walaupun tingginya mencapai 90 cm dan bagi beberapa anak balita masih terlalu tinggi, berikan tiang-tiang di sela railing tangga tersebut.

2. Ukuran Standar Tinggi Railing Balkon

Selain tinggi railing tangga yang perlu anda ketahui juga adalah tinggi railing balkon atau pagar balkon.

Pagar balkon umumnya terletak di balkon rumah yang berfungsi sebagai pagar atau pembatas agar penghuni tidak langsung jatuh kebawah.

Tinggi railing balkon standar sama seperti tinggi railing tangga yaitu sekitar 90 cm. Akan tetapi jika kamu punya anak kecil dan ingin lebih aman anda bisa mengubah tinggi railing balkon maksimal 110 cm.

Jika terlalu tinggi juga tidak bagus secara estetika desain, apalagi pagar balkon ini terletak di area depan rumah.

Pastinya akan berpengaruh pada tampilan fasad rumah kamu.

3. Ukuran Tinggi Railing Tangga Exit

Apabila anda memiliki bangunan lebih dari 2 lantai dan tetap ingin menggunakan tangga, misalnya saja tangga exit dalam sebuah bangunan.

Maka anda bisa menggunakan ukuran standar railing tangga yang lebih besar yaitu kurang lebih 110 cm. Hal ini untuk membantu anda mengamankan area lantai tersebut dan tangga menjadi lebih aman.

Biasanya jika lebih dari 1 lantai, bagian tengah tangga mengalami area kosong yang akan sangat berbahaya jika melihat dan jatuh di sana. Sehingga ukuran ini dianggap paling ideal.

Deretan informasi diatas menjelaskan bagaimana ukuran standar railing tangga menjadi sangat penting untuk dipahami.

Sehingga pemasangan railing tangga tetap bermanfaat dalam sebuah rumah atau bangunan. Hal lainnya yang harus diketahui, saat anda memutuskan untuk bisa menggunakan railing tangga jangan lupa membeli berdasarkan syarat diatas dan bukan hanya karena harga saja.